Sunday, June 06, 2010

Recent Updates

Well, I'm back. It's been a long time not updating my blog with the latest info. Also not any new short stories. I had quiet mood writing short stories, almost finish, but need to remake up again to be perfect. Hmm, change the language.

++ Mas Dimas, wie ist Ihr Studium?

Siang tadi usai mengajar Bahasa Indonesia, saya dikejutkan dengan pertanyaan di atas dari salah seorang peserta. Dia seorang dosen Bahasa Vietnam di Humboldt Universität zu Berlin yang sejak awal mengikuti kelas Bahasa Indonesia di KBRI Berlin. Sebenarnya, dia sudah sering mengajukan pertanyaan ini kepada saya, tapi kali ini saya merasa terenyuh dengan perhatiannya terhadap keadaan studi saya. Lalu saya bertanya, mengapa dia sering menanyakan hal ini kepada saya. Lalu dia menjawab: Mas Dimas, studi Anda jauh lebih penting daripada semua ini! Anda harus menjadi seorang insinyur! Mengajar Bahasa Indonesia bisa Anda lanjutkan lagi kalau studi Anda sudah selesai, negara Anda membutuhkan insinyur-insinyur seperti Anda! Di sini mungkin Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman dan juga kontak dengan yang lain, tapi studi Anda tetap nomor satu, studi Anda tetap bernilai!



++ Satu Bulan Bersama Irvan

Dari awal bulan Mei, Irvan menjalankan kunjungan terakhirnya ke kota nan indah - Berlin. Akhir bulan Juni, dia akan pulang habis ke Indonesia. Jodoh kami lumayan lama, kami satu SMP dan satu SMA, bahkan bersama-sama menempuh pendidikan di Jerman, yang artinya sudah lebih dari 13 tahun. Dulu saya masih ingat, bagaimana si Irvan jadi anak kesayangan guru-guru di SMP karena ke-fina-an dia yang memukau. Dia memang benar-benar fintar dan nakal. Waktu SMA, kita selalu sekelas padahal setiap kenaikan kelas selalu ada rotasi murid-muridnya. Irvan masih saja tetap fina, rajin mengerjakan LKS, duduk paling depan, dan selalu menjadi kesayangan para guru. Setiap pagi hasil kerjaan PR-nya selalu menjadi konsumsi anak-anak sekelas untuk disalin. Lalu kita menjalani semuanya bersama, persiapan ke Jerman, sampai di Jerman ini.

Dan tanggal 25 Juni nanti dia pulang. Apakah artinya jodoh kita akan usai? Seperti yang pernah saya bilang kepadanya: "Hidup itu bagaikan serangkaian episode. Setiap episode ada tokoh yang datang dan yang pergi. Bila episode yang ini usai, maka akan muncul episode baru. Juga dengan tokoh-tokoh yang baru." Yang jelas, jodoh kita akan terus berlanjut ya van. Tetaplah Fina. Nanti kalau sudah diberikan mobil baru, jangan lupa untuk menjadi my personal driver di Jakarta nanti!

Duh, kasihan Irvan, sebulan di sini jarang diajak jalan-jalan. Tapi Irvan kan senang dengan kesendirian. Jadi, justru inilah kebahagiaannya yang hakiki :-) Selamat tinggal Jerman, dengan internetnya yang cepat, dengan keteraturannya, dengan udaranya yang bersih, dengan hidupnya yang nyaman, dengan keindahannya, dengan keperihannya. Selamat datang Indonesia, dengan kehangatannya, dengan keramahannya, dengan makanannya yang enak-enak!

++ Berwarna

Ya, bulan Mei kemarin cukup berwarna. Dari serangkaian kegiatan masjid yang super banyak, sampai dapat post facebook dari orang yang tidak dikenal berisikan fitnah-fitnah yang kejam. Dari rasa bahagia, rasa harap, sampai rasa sedih yang tak terperi menyaksikan pembunuhan tentara Israel kepada kapal bantuan kemanusiaan untuk Gaza. Dari kekuatan untuk tidak terjatuh pada titik terlemah, sampai pada kontemplasi melihat keadaan diri.

++ I'm back to be a good medical biotechnologist
++ Sukseskan Renews 2010!
++ Thanks to Muhammad Ihsan Karimi atas pembantaian dan penyiksaan selama ini.

5 comments:

Amaliya Ariyani Pertiwi said...

tetep yee karimi nya gak kelupaan. hahaha!

catatan pianissimo said...

Ditunggu cerpennya,kak :D

Anonymous said...

Apa kabar, dimas ?
Sudah lama gak mampir ke sini...

Tetap semangat !!!

Unknown said...

assalamu'alaikum..Hallo, Guten Abend..Ich bin Tami.

Saya pernah memberikan posting kepada Anda baru-baru ini tapi karena saya menaruhnya di postingan Anda pada tahun 2005, villeicht sehen Sie nicht..kali ya..(kalau ada yang salah mohon di maaf kan masih dalam tahap pembelajaran)

saya ingin sekali berbincang-bincang banyak dengan Anda mengenai jerman karena saya juga sedang mempersiapkan diri untuk kuliah di sana..

semoga anda berkenan...viel spass!

Haya Najma said...

keep fight :)