Sunday, June 19, 2005

E-Mail Di Tiga Hari FSP

Berikut gue kirimkan e-mail2 gue dalam tiga hari pelaksanaan FSP

E-Mail pertama:
Laporan langsung dari Berlin seusai penyelenggaraan FSP hari pertama: DEUTSCH

Gue sudah sampai di Studkol jam setengah delapan pagi, gara-gara kemaren gue mimpi gue kesiangan di hari FSP. Sampai di sana langsung nitip Handy ke Frau Schröder dan minjem kamus DUDEN (untung bukan WAHRIG).

Tanggapan Sultan
IYA::::ITU GUE: SULTAN---

Kan gue minjem kamus di Bibliothek!!--
Dengan muka PD, gue mengambil sebuah kamus merah, yang di dalam hati gue, gue yakini sebagai kamus DUDEN..( waaahh senangnya, kamusnya lengkap!!, ibaratnya " semua ada di sini!!!"--

Begitu di depan RUANG K1, ( ruang ujian), ketemu sama si dimas, dan gue menyapa dengan

" Mas, kamusnya sama"

" iya, sama"

" Tan, loh kok kamus lo di isolatip, tuh bacaannya apa?"

Pas gue liat, TERNYATA!!!!---WAHRIG!!!!!!

" Tidakkkkkk"""_---

tapi nasi sudah jadi bubur, yaaaa udah pasrah.---

Tapi gue saranin deh, buat yang mau ujian Deutsch!!
JANGAN PAKE KAMUS WAHRIG"!!,
Kayaknya, nggak lengkap!!!




Duden Wörterbuch



Wahrig Wörterbuch


Udah Sinnlos kalau hari gini masih belajar atau baca text. Kata gue pas ngeliat temen gue masih baca-baca text: "Haree genneee masih baca text!"

Pintu K1 pun dibuka, guru-guru masuk dengan muka berseri. Kami pun juga masuk dengan muka berseri. Tahap pertama yang kita lakukan di ruangan ujian adalah mencari tempat duduk. Gue pikir - karena nama gue ABDIRAMA dan nomor absen satu SE-STUDKOL - gue bakalan duduk di depan. Ternyata tidak, gue duduk tepat di tengah-tengah. Bahkan tepat di sebelah kiri, kanan dan depan gue orang Indonesia, cuma di belakang gue doang orang Prancis.

Seseorang kebagian tempat duduk paling depan. Nggak tahu kenapa. Dicurigai sebagai mafia kali yah...

Tanggapan Sultan
Gue juga bingung kok gue sih?????, kan nama gue berinisial "S"---
Gue udah ngebayangin, kalo gue bakalan dapet tempat di tengah, setidak2nya rada2 belakang!!--eh begitu Ekspedisi tempat duduk!!--
Tiba2, SAUDARA2---
Gue dapett tempat palling depan, bener2 paling depan---
nggak hanya itu aja!!!--
DI barisan yang paling depan, gue hanya duduk seorang diri..
jadi disamping kiri gue udah nggak ada meja, dan di samping kanan gue tembok..
Depan gue, guru2 yang ngawas....

Begitu waktu ujian abis, PAsti kertas gue yang di"rampas" duluan,
Sementara, di belakang2, ( pas gue perhatiin), masih sempet nulis beberapa paragraf---hiks..hiks..


Setelah itu HV oleh Herr Reese. Awalnya sih bisa mengikuti dengan baik, tapi pas ditengah2 gue mulai berfantasi... pikiran melayang ke awan... tiba-tiba aja gue tersentak dengan kata "arme Länder" padahal text itu tentang "Penggunaan DDT".

Segera gue mencari benang merah antara arme Länder dan Einsatz des DDT...

Setelah itu, pembacaan text kedua oleh Fr. Börsting. Awalnya dengan semangat 45, gue menyalin semua kata yang diucapkan oleh Fr. Börsting... tapi tiba2, ditengah2 jadi blank lagi... adowhh...

Intinya, HV tadi gue banyak quatschen deh... Oh ya, masa coklat gue diminta sama temen gue... jadi gue hanya makan setengah batang coklat selama ujian... hiks...

Textproduktion kita kali ini tentang Tsunami. Kembali Indonesia berkibar-kibar di Studkol... Tema yang diangkat: Bagaimana menurut pendapat Anda tentang para turis yang datang ke tempat2 Tsunami pasca bencana alam Tsunami? kita harus jelasin plus dan negativnya...

Hmmm... satu hari sebelum FSP, gue nyari di Google text yang kemungkinan bakal keluar di FSP... dan ketemu, walau cuma sebagian sih... tapi nggak apa2... menolong lah dikit...

Sampai pada berita selanjutnya di hari Rabu


E-Mail Kedua:
Tidak ada yang spesial sih di hari ini...

Hari ini kami mengerjakan Mathematik... dalam waktu tiga setengah jam harus mengerjakan tiga soal.. Tiga puluh menit pertama gue gunakan untuk membaca soal dan menelaah peluang-peluang indah...

Berikutnya mengerjakan soal VEKTORRECHNUNG selama lima puluh lima menit... dilanjutkan dengan REIHEN UND FOLGE selama satu jam sepuluh menit... dan ditutup oleh KURVENDISKUSSION selama sisa waktu yang ada...

Pada soal Kurvendiskussion, dua soal terakhir nggak gue jawab, karena waktunya nggak cukup... hikss..hikss... Pada soal Kurvendiskussion juga gue ngarang (quatschen) membuat zweite Ableitung (turunan kedua dari fungsi yang ditanya)... gue buat hitungan gue sedemikian rupa supaya hasil akhirnya sama seperti hitungan yang ada di soal... soalnya males banget mesti nurunin fungsi yang panjang kayak gitu... mudah2an pengoreksinya nggak nyadar kalo gue melakukan manipulasi... amiin...

Doain yah!!

Hari Jumat besok adalah penentuan... FISIKA... aduhhh... takuutt.... oh ya, Jumat besok bakalan ada Streik BVG lagi lho!! jadi harus bangun pagi dan jalan kaki ke studkoll

Bis Freitag!


E-Mail Ketiga:
Assalamu'alaikum!!

Akhirnya, tibalah gue pada hari terakhir FSP!! Ini adalah benar-benar HARI... Hari yang gue takutkan dan hari yang gue tunggu-tunggu... Takut, karena hari ini ujian Fisika... Ditunggu-tunggu karena hari ini adalah hari terakhir ber-Studienkolleg... (Insya Allah kalau nggak dapet Mündlich...)

Fisikanya.... SUSAH... hikss... hikss... gue ngerjain soal tentang Kinetik dengan dua cara... dan gue menyesal, karena gue terlalu banyak membuang waktu di soal itu... Setelah itu soal Kinematik yang biasanya lebih mudah dari soal yang lain.. tapi--- Justru pada tahun ini soal Kinematik paling susah... harus muter-muter dulu deh... dan menuntut intelegensi serta daya khayal tinggi...

Soal ketiga yang gue kerjakan adalah Statik... Na ja... keine Ahnung... angkanya nggak bulet... acak2an deh... teing... Abis itu ngerjain Elektrotechnik... karena gue dari kelas Mekanik, maka gue nggak terlalu gut vorbereitet dengan Elektrotechnik... dan ternyata benar dua soal Elektro bahkan nggak gue baca sama sekali... Gue langsung ngerjain soal Kondensator dan itupun gue mengarang bebas... Bebas lepas... Gunakan kemampuan mengarang pada detik-detik terakhir Studienkolleg...

Tapi beneran deh, kali ini Fisikanya susah bangett... Lisha Xu, seorang berkebangsaan China, yang selalu pede dengan jawabannya dan selalu berkata "bei mir sind alle Aufgabe immer leicht" kali ini berkata "sehr schlecht.. Ich muss in die mündliche Prüfung kommen..."... Tidak hanya itu, semua orang pasca Fisika yang gue temui juga bermuka lecek... Tidak ada jawaban yang sama satu sama lain... masing-masing memiliki angka yang berbeda...

Tapi all the way... all is over--- insya Allah... saatnya berkelumit lagi dengan kehidupan di Universitas... Btw, Terimakasih banyak atas segala doa yang telah ditujukan ke kami yang telah ber-FSP... insya Allah mendapat balasan oleh Allah SWT...

Jadi kayak Hima deh sekarang -- H2C -- Harap-harap cemas (untuk Hima: kali ini bukan H2C karena takut nggak kebagian makanan lho)

Wassalamu'alaikum

-- wir sind fertig Junge!! jetzt geht's richtig los!! mein Leben wird heute angefangen!! gak usah lagi nge-tek tempat di perpus dan menghabiskan waktu sepanjang hari di perpus

1 comment:

amel said...

asik... sekali baca langsung dari dua sisi sekaligus (dimas dan sultan). Btw, itu si Xu, butuh bantuan buat gelitik2in dia gak? huhuhu....

Semoga hasil yg terbaik yg kalian dapat, amin, buah dari usaha yg terbaik.