Tuesday, November 15, 2005

Tata Surya

Autor: Adhipati Yudhistira Indradiningrat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Apa kabar temen2 semua? Mudah2an tetap istiqomah berjuang di jalan kebenaran. Mudah2an pula perjuangan tersebut mendapat ridha Allah SWT, dan kita pun senantiasa mendapat rahmat-Nya.. amiin.

Jadi ceritanya, saya baru mendapatkan tambahan ilmu setelah membaca salah satu majalah ilmu pengetahuan, yang masya Allah benar2 menambah bukti kekuasaan 4JJ1 SWT. Dan saya ingin membagi ilmu ini sama teman2 semua.. Kalau ada yang ternyata udh tahu, mohon maaf, memang saya yang masih kurang giat mencari ilmu..

Artikel ini berkisar ttg bumi dan tata surya kita. Poin-poin yang mengagumkan tsb adalah :

1. Seperti yang mungkin kebanyakan dari kita sudah mengetahui, tata surya kita (yang di dalamnya ada Bumi tempat kita hidup) "berkelana" dalam galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 220 km/detik dengan tujuan yang tak diketahui. Nah, menurut keterangan para ahli astronomi, kemungkinan perjalanan ini selamat tanpa cacat adalah 1 : 1 000 000 000. Dikarenakan, di "tetangga langsung" dr tata surya kita ada satu trilyun Komet, 2 juta asteroid. Ditambah dengan Ledakan-Ledakan Bintang yang dalam beberapa detik saja bisa mengeluarkan beberapa kali lipat energie yang dihasilkan matahari kita selama hidupnya.
Bukankan sangat wajar sekali jika kita bersyukur, dari kemungkinan satu banding semiliar tsb, sampai saat ini masih kemungkinan yang satu alias yang selamat yang terjadi...

2. Pada tanggal 27 Desember 2004 pukul 22.30 dan 36 detik, bumi kita hanya terhindar beberapa derajat dari ledakan bintang yang disebut "Gamma Ray Burst" ini. Total 14 detektor Röntgen dan Gamma di luar angakasa mencatat gelombang yang dalam 0,2 detik mengeluarkan energie yang sebanding dengan energie yang dihasilkan matahari selama 250 000 tahun.

3. Nah, ini yang benar2 membuat saya takjub. Ternyata setiap planet dalam tata surya kita mempunyai peranannya sendiri dalam melindungi bumi. Jadi bukan sembarang "jalan2" di tata surya tanpa maksud. Jika salah satu saja dari planet ini mempunyai orbit yang lain, maka bumi sudah menjadi "planet mati".

Neptun : dgn massanya yang luar biasa besar, dahulu kala (udh kaya dongeng aja.. ;p) Neptun menggeser planet2 yang lain, membuat keteraturan dalam tata surya. Tanpa "dia", planet yang lain akan memiliki orbit yang berbeda, dan tak bisa "melindungi" bumi.

Uranus : Uranus "menagkap" tembakan2 batuan terbesar yang mengarah ke bumi, dan membelokkannya ke arah Kuiperguertel (gak tau nama indonya), suatu tempat diantara Planet2 Luar yang bisa dibilang sebuah "Neverland". Dan dalam tempat itu, btuan2 besar tersebut "berkelana" tanpa menimbulkan bahaya.

Saturnus : Dengan cincinnya, saturnus menahan tembakan2 batuan2 kecil. Tanpa planet ini, bumi akan konstan menjadi sasaran empuk, dibombardir oleh batuan2 tsb.

Jupiter : gaya tarik Jupiter lebih kuat 20 000 kali dari bumi. Dengan itu, planet ini mengubah jalur asteroid2 dan komet2 dan mencegah agar asteroid dan komet tsb tidak mengarah ke bumi.

Mars : memenuhi segala syarat untuk menjadi "Bumi kedua".

Venus : menjadi korban pertama efek rumah kaca dr matahari. Sekarang ini venus adalah objek penelitian terpenting untuk para peneliti iklim. Dalam meneliti akibat2 apa yang dihasilkan dari "kesalahan" iklim.

Merkuri : hanya dalam 88 hari mengelilingi matahari, dan karenanya seperti sebuah pelindung bergerak, menangkap "angin matahari (?? skali lagi, gak tau nama indonya, bhs jermannya Sonnenwind). Bagian2 bermuatan listrik dr Sonnenwind ini dapat mengakibatkan kerusakan besar terhadap bumi.

Bulan (walaupun bukan planet, tp nimbrung boleh kan.. ;p) : peranannya adalah, agar semua region di bumi, walaupun dgn intensitas yg berbeda, disinari oleh matahari secara teratur.

Subhanallah!! Di balik keteraturan yang demikian luar biasa ini pastilah ada "tangan" yang mengaturnya. Dia-lah 4JJ1 SWT yang Maha Kuasa yang telah menciptakan alam semesta dan menciptakan pula keteraturan di dalamnya.

Kalau kita renungi, di saat manusia bermalas2an, bersenang2, having fun di klub2, mal2, party2, tanpa memikirkan apa yang akan ada di kehidupan selanjutnya... planet2 yang ada di tata surya ini selalu "melindungi" bumi ini dengan peranannya masing2, di bwh perintah Allah SWT. Ternyata.. manusia itu memang benar2 bodoh dan egois ya....

Sekian..

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
-u'r brother-

2 comments:

nbn said...

:) Asalamualaikum

Aku pernah dengar di sini ada beberapa orang warga negara mu...Apa mereka bikin di sini...tak ketahuan...

salam perkenalan...

Kawan serumpun
nbn.

Anonymous said...

ayoo..kita jadi apa nih?seandainya kita boleh memilih menjelma seperti planet.
jadi bumi? uranus? jupiter? :)

i love planets!

"kiky