Friday, January 31, 2014

A Decade of History

Persis petang hari ini, tanggal 31 Januari, 10 tahun yang lalu, saya membuat sebuah langkah penting dalam hidup saya. Saya berkemas, membulatkan niat untuk merantau, meninggalkan kampung halaman tercinta yang telah membesarkan saya 17 tahun lamanya, meninggalkan ketulusan kasih sayang papa dan mama, kakak, adik, sahabat dan teman. Saya masih ingat derai air mata membasahi kepergian saya petang itu. Matahari menutup tugasnya, gelap suasana pertanda waktu yang kemarin sudah rampung. Saya menjejaki badan pesawat untuk bertolak ke Jerman, menuju sebuah hidup baru di tanah yang baru untuk menuntut ilmu. Saya paham bahwa sejak hari itu sudah tidak ada lagi hari-hari kemarin akan muncul terulang. Saya paham bahwa sejak hari itu sudah saya tinggalkan kebiasaan dan hidup saya yang lama, untuk berubah dan berhijrah menjadi pribadi yang baru. Tidak ada lagi yang mengenal siapa Dimas yang lama, yang ada adalah Dimas yang baru.

Doa saya pun dijawab oleh Allah, begitu banyak kesempatan, peluang dan pembelajaran saya dapatkan selama saya tumbuh dan berkembang di negeri Jerman. Saya bentuk pribadi dan karakter, kapasitas dan integritas, saya genggam hidup saya dalam kepalan saya sendiri, saya atur kemana saya akan membawanya. Pertarungan di tanah yang baru tidaklah mudah. Saya paham bahwa di tanah ini musuh terbesar saya adalah diri saya sendiri. Jatuh bangun saya berusaha untuk menaklukan diri saya. Amanah menuntut ilmu juga nyatanya tidak semudah yang saya bayangkan. Tidak bisa mengandalkan prestasi di masa sekolah untuk berprestasi di tahapan ini. Tapi saya belajar. Belajar dan belajar. Belajar dari orang-orang di sekitar saya. Belajar dari lingkungan dan komunitas saya. Belajar dari peraduan dua budaya yang semakin melekat dalam diri saya. Sadar atau tidak, fase hidup saya sudah berubah, dan banyak cerita saya alami di dalamnya. Kegagalan, kesuksesan, kemelaratan, kesejahteraan, atau bahkan kehilangan ketika papa dipanggil oleh Allah. Cinta dan persahabatan, ujian dan tantangan, tanggung jawab dan kemandirian, semua adalah elemen-elemen yang menggerakkan saya menuju usia saya yang sekarang.

Dan saat ini, tanggal 31 Januari, 10 tahun setelahnya, saya mengalami deja vu atas apa yang terjadi 10 tahun yang lalu. Saat ini usia saya telah menginjak 27 tahun. Amanah menuntut ilmu telah selesai saya tunaikan, dan beberapa saat yang lalu saya telah memulai sebuah keputusan yang besar dalam sejarah hidup saya. 10 tahun yang lalu, tanggal 1 Februari 2004, saya membuka lembaran hidup saya yang baru. Dan 10 tahun setelahnya, 1 Februari 2014, saya akan kembali membuka lembaran hidup saya yang terbaru, sebagai seorang suami, ayah dan kepala keluarga. Kini Dimas bukan lagi seorang pribadi yang “satu” melainkan “dua dalam satu”. Dengan mengucap bismillah, saya mantapkan hati dan niat saya menjalani takdir Allah ini. Ikhtiar saya menjemput apa yang telah kering tergores di kitab langit – yang jauh sebelum saya diciptakan telah tertera lakon apa yang harus saya jalani, skenario yang mana dan kapan waktunya. Dengan mengucap bismillah, saya akan lafadzkan ijab qabul, untuk memperistri seorang pilihan: Nurry Maulida Raraswati.

Tangerang, 31 Januari 2014.

No comments: